About

Jumat, 17 Maret 2017

KATA BIJAK - TERE LIYE

Kalian yang hobi baca novel pasti udah tau sama penulis buku Tere Liye yang punya banyak banget kata motivasi. Gue sendiri juga sering kok ngestalk tulisan-tulisan karyanya Tere Liye dan jujur gue emang suka sama tulisan-tulisannya. Mungkin kalian yang suka juga, bisa baca blog ini sampe selese ya.. Nah berikut ada kata-kata karya Tere Liye yang bisa jadi motivasi buat kita. Silahkan dibaca semoga suka:)  

“Hidup harus terus berlanjut, tak peduli seberapa menyakitkan atau seberapa membahagiakan, biarkan waktu yang menjadi obat.
Tere Liye, Ayahku (Bukan) Pembohong

“Andaikata semua kehidupan ini menyakitkan, maka di luar sana pasti masih ada sepotong bagian yang menyenangkan. Kemudian kau akan membenak pasti ada sesuatu yang jauh lebih indah dari menatap rembulan di langit. Kau tidak tahu apa itu, karna ilmumu terbatas. Kau hanya yakin , bila tidak di kehidupan ini suatu saat nanti pasti akan ada yang lebih mempesona dibanding menatap sepotong rembulan yang sedang bersinar indah.”
Tere Liye, Rembulan Tenggelam Di Wajahmu

“Kebahagiaan adalah kesetiaan..setia atas indahnya merasa cukup.. setia atas indahnya berbagi.. setia atas indahnya ketulusan berbuat baik..”
Tere Liye, Moga Bunda Disayang Allah

“Mengerti bahwa memaafkan itu proses yang menyakitkan. Mengerti, walau menyakitkan itu harus dilalui agar langkah kita menjadi jauh lebih ringan. Ketahuilah, memaafkan orang lain sebenarnya jauh lebih mudah dibandingkan memaafkan diri sendiri.”
Tere Liye, Sunset Bersama Rosie


“Aku harus menyibukkan diri. Membunuh dengan tega setiap kali kerinduan itu muncul. Ya Tuhan, berat sekali melakukannya…. Sungguh berat, karena itu berarti aku harus menikam hatiku setiap detik.”
Tere Liye, Sunset Bersama Rosie

“Terkadang kesedihan memerlukan kesendirian, meskipun seringkali kesendirian mengundang kesedihan tak tertahankan.
Tere Liye, Kisah Sang Penandai

“Orang-orang yang memiliki tujuan hidup, tahu persis apa yg hendak dicapainya, maka baginya semua kesedihan yang dialaminya adalah tempaan, harga tujuan tersebut. Dan sebaliknya.”
Tere Liye, Rembulan Tenggelam Di Wajahmu

“Daun yang jatuh tak pernak membenci angin. Dia membiarkan dirinya jatuh begitu saja.Tak melawan.Mengikhlaskan semuanya.”
Tere Liye, Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin

“Jika kalian tidak bisa ikut golongan yang memperbaiki, maka setidaknya, janganlah ikut golongan yang merusak. Jika kalian tidak bisa berdiri di depan menyerukan kebaikan, maka berdirilah di belakang. Dukung orang orang yang mengajak pada kebaikan dengan segala keterbatasan.Itu lebih baik.”
Tere Liye, Eliana

"Maka saat kebenaran itu datang, ia bagai embun yang terkena cahaya matahari. Bagai debu yang disiram air.Musnah sudah semua harapan-harapan palsu itu.Menyisakan kesedihan.Salah siapa? Mau menyalahkan orang lain?"
Tere Liye, Sepotong Hati Yang Baru

“Suatu saat jika kau beruntung menemukan cinta sejatimu. Ketika kalian saling bertatap untuk pertama kalinya, waktu akan berhenti. Seluruh semesta alam takzim menyampaikan salam. Ada cahaya keindahan yang menyemburat, meggetarkan jantung.Hanya orang - orang yang beruntung yang bisa melihat cahaya itu, apalagi berkesempatan bisa merasakannya.”
Tere Liye, Berjuta Rasanya

“..ajarkan aku untuk selalu memiliki hati yang cantik, hati yang cantik… Tidak peduli meski orang-orang tidak pernah sekali pun menyadari kecantikan hati tersebut.”
Tere Liye, Berjuta Rasanya

“...Penjelasan akan tiba pada waktu yang pas, tempat yg cocok, dan dari orang yg tepat.”
Tere Liye, Negeri Di Ujung Tanduk

"Ada banyak cara menikmati sepotong kehidupan saat kalian sedang tertikam belati sedih. salah satunya dengan menerjemahkan banyak hal yang menghiasi dunia dengan cara tak lazim. saat melihat gumpalan awan di angkasa. saat menyimak wajah-wajah lelah pulang kerja. saat menyimak tampias air yang membuat bekas di langit-langit kamar. dengan pemahaman secara berbeda maka kalian akan merasakan sesuatu yang berbeda pula. memberikan kebahagiaan utuh -yang jarang disadari- atas makna detik demi detik kehidupan.
Tere Liye, Sunset Bersama Rosie

“ Orang - orang yang jatuh cinta terkadang terbelenggu oleh ilusi yang diciptakan oleh hatinya sendiri."
Tere Liye, Berjuta Rasanya

Hatinya senang menimbun mimpi. Sehingga suatu ketika dia tidak tahu lagi mana simpul yang nyata dan mana simpul yang dusta."
Tere Liye, Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin

“Perasaan itu tidak sesederhana satu tambah satu sama dengan dua. Bahkan ketika perasaan itu sudah jelas bagai bintang di langit, gemerlap indah tak terkira, tetap saja dia bukan rumus matematika.Perasaan adalah perasaan."
Tere Liye, Kau, Aku & Sepucuk Angpau Merah

“Cinta adalah perbuatan. Kata-kata dan tulisan indah adalah omong kosong.”
Tere Liye, Kau, Aku & Sepucuk Angpau Merah

“Berasumsi dengan perasaan, sama saja dengan membiarkan hati kau diracuni harapan baik, padahal boleh jadi kenyataannya tidak seperti itu, menyakitkan.”
Tere Liye, Kau, Aku & Sepucuk Angpau Merah

"Seseorang yang mencintaimu karena fisik, maka suatu hari ia juga akan pergi karena alasan fisik tersebut. Seseorang yang menyukaimu karena materi, maka suatu hari ia juga akan pergi karna materi. Tetapi seseorang yang menccintaimu karena hati, maka ia tidak akan pernah pergi! Karena hati tidak pernah mengajarkan tentang ukuran relatif lebih baik atau lebih buruk”
Tere Liye, Berjuta Rasanya

"perasaan adalah perasaan, meski secuil, walau setitik hitam di tengah lapangan putih luas, dia bisa membuat seluruh tubuh jadi sakit, kehilangan selera makan, kehilangan semangat, hebat sekali benda bernama perasaan itu, dia bisa membuat harimu berubah cerah dalam sekejap padahal dunia sedang mendung, dan di kejap berikutnya mengubah harimu jadi buram padahal dunia sedang terang benderang"
Tere Liye, Kau, Aku & Sepucuk Angpau Merah

“Benarlah. Jika kalian sedang bersedih, jika kalian sedang terpagut masa lalu menyakitkan, penuh penyesalah seumur hidup, salah satu obatnya adalah dengan menyadari masih banyak orang lain yang lebih sedih dan mengalami kejadian lebih menyakitkan dibandingkan kalian. Masih banyak orang lain yang tidak lebih beruntung dibandingkan kita. Itu akan memberikan pengertian bahwa hidup ini belum berakhir. Itu akan membuat kita selalu meyakini : setiap makhluk berhak atas satu harapan.”
Tere Liye, Moga Bunda Disayang Allah

“Tidak semua yang kita inginkan harus terjadi seketika. Kita tidak hidup di dunia dongeng.”
Tere Liye, Eliana

“Mungkin ada benarnya juga buku - buku itu bilang. Orang - orang yang jatuh cinta terkadang terbelenggu oleh ilusi yang diciptakan oleh hatinya sendiri.”
Tere Liye, Berjuta Rasanya

“Kau tahu, Nak, sepotong intan terbaik dihasilkan dari dua hal, yaitu, suhu dan tekanan yang tinggi di perut bumi. Semakin tinggi suhu yang diterimanya, semakin tinggi tekanan yang diperolehnya, maka jika dia bisa bertahan, tidak hancur, dia justeru berubah menjadi intan yang berkilau tiada tara. Keras.Kokoh.Mahal harganya.

“Sama halnya dengan kehidupan, seluruh kejadian menyakitkan yang kita alami, semakin dalam dan menyedihkan rasannya, jika kita bisa bertahan, tidak hancur, maka kita akan tumbuh menjadi seseorang berkarakter laksana intan.Keras.Kokoh."
Tere Liye, Negeri Di Ujung Tanduk,


Lebih baik mendengarkan kebenaran meski itu amat menyakitkan, Kawan.Dibandingkan mendengarkan kebohongan meski itu menyenangkan.

Bagi orang-orang yang memendam rindu, mencintai dalam diam, maka apa-apa yang ditunjukkannya hanyalah bagai gunung es di dalam samudera, hanya memperlihatkan pucuk kecil dari betapa besar perasaan itu di bagian dalamnya.Besarrr sekali yang tersembunyi.
Lepaskanlah, maka semoga yang lebih baik akan datang.
Lepaskanlah, maka semoga suasana hati akan lebih ringan.

Pemirsa,
Orang yang beneran cinta sama kita, nembak bilang "i love u"-nya nggak sendirian. Dia datang serombongan, bareng keluarga besar.

Pilihlah pasangan yang kaya.Tapi bukan kaya hartanya, melainkan kaya waktunya, sehingga dia punya banyak waktu untuk dihabiskan bersama kita--termasuk saat dia sibuk sekalipun.

Karena hari ini, orang-orang sebenarnya lebih banyak bercengkerama dengan pasangan nempel terusnya, yaitu gagdet macam HP, laptop, dsbgnya.

Cinta, perasaan suka, dan sejenisnya, memiliki begitu banyak pintu untuk datang.Kita, umumnya, lebih sering menggunakan 'pintu mata'.

Tetapi orang-orang yang paham, selalu menggunakan 'pintu hati' dalam bentuk cinta, rasa suka manapun.
Tere Liye, buku "Berjuta Rasanya" & "Sepotong Hati yang Baru"

Tidak ada gunanya bersikap sok bijak, sok dewasa di dunia nyata maupun dunia maya. Selalu tampil apa adanya. Tanpa topeng.Orang tidak suka, maka itu masalah mereka. Hidup ini sudah rumit tanpa harus bermanis-manis ria.

Jika kita mencari seseorang yang sempurna, maka sampai kiamat, kita tidak akan memperolehnya.

Lebih baik fokus kepada: apakah seseorang itu mau terus memperbaiki dirinya, dan bisa memberikan bukti kongkret dia memang melakukannya.

Tidak akan pernah bisa melihat wajah sendiri dengan baik jika cerminnya kusam dan kotor. Pun sama, tidak akan pernah bisa melihat dengan baik seluruh kehidupan ini jika hati kita kusam dan kotor.

Jika satu pintu tertutup, maka sebenarnya satu pintu lain sedang terbuka. Jika satu kesempatan hilang, pun satu kesempatan lain justeru muncul.
Jangan putus asa.Jangan kecewa
.
Berpikir dan berprasangka positiflah selalu. Maka hal menakjubkan akan terjadi.

Sebenarnya siapa yang membuat kita kecewa?
Kita sendiri.
Kita tidak akan pernah kecewa jika kita selalu mengendalikan harapan. Mau secanggih apapun orang lain memupuk pesonanya, menimbun perhatiannya, kalau kita sempurna mengendalikan hati, no problem at all.

"Tidak semua orang mendapatkan pilihan pertama dalam hidup ini.Tapi kita bisa hidup sama bahagianya dengan mereka, meski hanya mendapatkan pilihan kedua, ketiga, atau bahkan keseratus-satu."
Tere Liye, buku "Berjuta Rasanya"

Tidak semua luka harus dibayar dengan luka
novel "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" , Tere Liye

Kita tidak usah jadi pengendali udara, pengendali air atau pengendali api. Kita cukup jadi pengendali hati saja.
Itu sudah cukup sakti.

“Setiap cinta memiliki waktunya.Jika sekarang belum saatnya, belum pantas, belum siap, maka bukan berarti itu tidak cinta.Bersabar lebih baik.”

Cinta itu tidak rumit.
Orang-orang-nya yang rumit.

Kalau kalian ingin membalas, maka pembalasan terbaik adalah menjadi orang yang lebih baik dari orang yang menyakiti kita.

Kenapa kita kecewa?Karena kita berharap.
Tidak akan kecewa kalau kita tdk berharap.

“Orang yang memendam perasaan seringkali terjebak oleh hatinya sendiri.Sibuk merangkai semua kejadian di sekitarnya untuk membenarkan hatinya berharap.Sibuk menghubungkan banyak hal agar hatinya senang menimbun mimpi.Sehingga suatu ketika dia tidak tahu lagi mana simpul yang nyata dan mana simpul yang dusta.”
novel "Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin", Tere Liye

Bukan ketika diomeli, dimarahi, dicereweti yang menyakitkan. Itu sih tandanya orang lain masih sayang.
Yang lebih menyakitkan adalah: saat orang lain memutuskan sudah tidak peduli lagi. Ditegur tidak, disapa juga tidak, didiamkan saja.Dianggap tidak ada.

“Dan tunas-tunas perasaanmu tak bisa kaupangkas lagi.Semakin kautikam, dia tumbuh dua kali lipatnya.Semakin kauinjak, helai daun barunya semakin banyak.”
Tere Liye, novel 'Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin', Gramedia Pustaka Utama.

Jika kita berbohong sekali, maka mengulanginya akan lebih mudah lagi. Dan sekali sudah terbiasa, kita tidak lagi merasa bersalah melakukannya.
Dalam dan gelap sekali terowongan bohong itu.

Tidak ada yang bisa menyakiti hati seseorang yang sabar--fisiknya bisa, tapi jiwanya utuh.

Kita tidak pernah tahu seseorang itu akan menjadi pasangan hidup yang sempurna atau tidak sebelum kita melaluinya hingga akhir hidup. Sebelum itu terjadi, maka kita hanya bisa menerka-nerka.
Tetapi cinta adalah keberanian mengambil resiko.Putuskan.Ambil salah-satu keputusan besar dalam hidup.Serahkan sisanya kepada Allah.

Sekali sebuah hubungan (entah itu persahabatan, rekan bisnis, suami-istri) dibumbui dengan dusta, kemudian menyusul dusta berikutnya, maka soal waktu akan selesai sudah.

Semua orang memiliki kapasitas muatan.Tidak bisa dipaksakan mengangkut di luar kapasitasnya. Pun termasuk kapasitas dalam memikirkan sesuatu.

Jadi tinggalkan beban tidak berguna yang cuma menuh2in tempat.Mending kelak bakal bermanfaat, ini cuma bikin sebal setiap memikirkan beban tersebut.

Wanita yang kuat adalah ketika 7 milyar orang di dunia tidak pernah tahu dia menangis.Terus berusaha, tidak menyerah.Terus berdiri, setiap kali jatuh terduduk.


Ketika kita memilih hidup dengan topeng, dan orang-orang menyukainya.Maka sesungguhnya itu masalah kita.
Tapi ketika kita tampil adanya, dan orang-orang ternyata tidak suka, bahkan membenci.Maka sesungguhnya itu masalah mereka.
Pahamilah perbedaan kedua hal ini.

Jika diibaratkan benda, maka kesetiaan adalah salah-satu benda paling mahal sedunia.

Well, kalau kita sudah tahu itu benda mahal, maka bagaimana kita tetap berharap memperolehnya dari orang2 'murahan' di sekitar kita?
Tere Liye

"Masalahnya penerimaan itu bukan sesuatu yang sederhana. Banyak sekali orang-orang di dunia ini yang selalu

berpura-pura. Berpura-pura menerima tapi hatinya berdusta.Kita semua harus berlatih susah payah untuk belajar menerima."
Tere Liye, novel "Kisah Sang Penandai"

"Kau tidak pernah ingin kembali, karena aku tidak pernah menjadi tempat kau pulang."
Tere Liye, novel "Sunset Bersama Rosie"

Ketika seseorang berhenti menangis karenanya, maka beberapa saat kemudian, tentu saja airmatanya akan kering di pipi, isaknya akan hilang disenyap, seperti tidak ada lagi sisa tangisnya di wajah. Tetapi tangisan itu tetap tertinggal di hati.Kesedihan, rasa sakit, kesendirian, beban yang membekas.
Boleh jadi sebentar, boleh jadi selamanya.

"Cara terbaik jika kita dihina orang lain adalah justru dengan membalasnya lewat segenap kebaikan yang tulus terus menerus. Itulah contoh paling mulia, dari manusia paling keren sedunia.Tidak akan kurang kemuliaannya meski dicaci maki."

"Cinta sejati akan selalu menemukan jalan. Ada saja kebetulan, nasib, takdir, atau apalah sebutannya.Tapi sayangnya, orang-orang yang mengaku dirundung cinta justru sebaliknya, memaksakan jalan cerita, khawatir, cemas, buru-buru serta berbagai perangai norak lainnya.
Tidak usahlah kau gulana, wajah kusut. Jika berjodoh, Tuhan sendiri yang akan memberikan jalan baiknya. Kebetulan yang menakjubkan."

Buat apa sih? Buat apa orang2 suka pada kita atas sesuatu yang sesungguhnya bukan kita. Atas sesuatu yang tidak sungguh kita lakukan.Memakai topeng.Pemanis kalimat.Menjaga image.Penuh kepentingan, udang dibalik batu.Apa enaknya hidup begitu.
Lebih baik apa adanya, terus terang, meski itu membuat sebagian orang salah paham dan bahkan membenci kita. Tetapi itu adalah sesungguhnya kita.

"Aku harus menyibukkan diri.Membunuh dengan tega setiap kali kerinduan itu muncul. Ya Tuhan, berat sekali melakukannya…. Sungguh berat, karena itu berarti aku harus menikam hatiku setiap detik."
novel "Sunset Bersama Rosie", Tere Liye

Jika orang tua bilang "Tidak" bukan berarti selalu tidak. Boleh jd orang tua kita sedang menunggu penjelasan yg lebih baik dari kita atau menunggu kita bisa memberikan keyakinan bahwa pilihan kita lebih baik dan membuat bahagia yang otomatis membuat mereka kelak ikut bahagia.

“Aku harus segera menyibukkan diri.Membunuh dengan tega setiap kali kerinduan itu muncul.Berat sekali melakukannya, karena itu berarti aku harus menikam hatiku setiap detik.”
Tere Liye, novel "Sunset Bersama Rosie"

 “Kau tahu, Nak, sepotong intan terbaik dihasilkan dari dua hal, yaitu, suhu dan tekanan yang tinggi di perut bumi. Semakin tinggi suhu yang diterimanya, semakin tinggi tekanan yang diperolehnya, maka jika dia bisa bertahan, tidak hancur, dia justeru berubah menjadi intan yang berkilau tiada tara. Keras.Kokoh.Mahal harganya.

“Sama halnya dengan kehidupan, seluruh kejadian menyakitkan yang kita alami, semakin dalam dan menyedihkan rasannya, jika kita bisa bertahan, tidak hancur, maka kita akan tumbuh menjadi seseorang berkarakter laksana intan.Keras.Kokoh."
Novel "Negeri Di Ujung Tanduk" Tere Liye

Orang-orang yang sedang jatuh cinta memang cenderung menghubungkan satu dan hal lainnya.Mencari-cari penjelasan yang membuat hatinya senang.
Tere Liye, novel "Daun yang jatuh tak pernah membenci angin"

 “Daun yang jatuh tak pernah membenci angin, dia membiarkan dirinya jatuh begitu saja. Tak melawan, mengikhlaskan semuanya.

Bahwa hidup harus menerima, penerimaan yang indah.Bahwa hidup harus mengerti, pengertian yang benar.Bahwa hidup harus memahami, pemahaman yang tulus.

Tak peduli lewat apa penerimaan, pengertian, pemahaman itu datang. Tak masalah meski lewat kejadian yang sedih dan menyakitkan.”
Tere Liye, novel "Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin"

 Dulu, saya kira, masalah hidup kita itu harus dihabisi, diperangi, diusir jauh2.Dan kita berdiri gagah jadi pemenangnya.

Sekarang, tidak lagi, saya akan memutuskan menyayangi, memeluk erat2 setiap masalah hidup ini.

Hidup ini bukan soal menang atau kalah.Hidup ini sungguh soal kebahagiaan dan ketentraman hati.Dan orang2 bahagia, bahkan bisa hidup damai bersama masalah hidupnya.

 Jika kita mencari seseorang yang sempurna, maka sampai kiamat, kita tidak akan memperolehnya.

Lebih baik fokus kepada: apakah seseorang itu mau terus memperbaiki dirinya, dan bisa memberikan bukti kongkret dia memang melakukannya.

Cinta sejati selalu datang pada saat yang tepat, waktu yang tepat, dan tempat yang tepat.Ia tidak pernah tersesat sepanjang kalian memiliki sesuatu. Apa sesuatu itu? Tentu saja bukan GPS, alat pelacak, peta, satelit, dan sebagainya, sesuatu itu adalah pemahaman yang baik bagaimana menjaga kehormatan perasaan dengan tidak melanggar nilai2 agama.
Tere Liye, separuh quote dari novel 'Kau, Aku & Sepucuk Angpau Merah'.

 “Cinta bukan sekedar soal memaafkan. Cinta bukan sekedar soal menerima apa adanya. Cinta adalah harga diri.Cinta adalah rasionalitas sempurna.

Jika kau memahami cinta adalah perasaan irrasional, sesuatu yang tidak masuk akal, tidak butuh penjelasan, maka cepat atau lambat, luka itu akan kembali menganga. Kau dengan mudah membenarkan apapun yang terjadi di hati, tanpa tahu, tanpa memberikan kesempatan bahwa itu boleh jadi karena kau tidak mampu mengendalikan perasaan tersebut.Tidak lebih, tidak kurang.”
Tere Liye, novel 'Sepotong Hati yang Baru'

 “Tidak selalu yang kau pikirkan itu benar. Tidak selalu yang kau sangkakan itu kebenaran.Kalau kau tidak mengerti alasan sebenarnya bukan berarti semua jadi buruk dan salah menurut versi kau sendiri.”
Tere Liye, novel Eliana

 “Itu benar, terkadang bagi pasangan yang saling mencintai, kepergian salah satunya bisa berarti kehilangan separuh jiwa—termasuk kehilangan separuh kesegaran fisik.”
Tere Liye, novel "Ayahku bukan Pembohong".

 Cinta tanpa komitmen dan kepercayaan seperti meja tiga kaki kehilangan dua kakinya.Runtuh.
Tere Liye; buku "sepotong hati yg baru"

 Waktu selalu berbaik hati mengobati kesedihan.
Jadi, kalau kita tidak tahu harus bagaimana lagi, biarkan obat ini bekerja. Cobalah untuk survive, menunggu, cepat atau lambat kesedihan itu akan pergi.
Tere Liye, separuh quote dari "Sunset Bersama Rosie"

 Janganlah sekali-kali kau membandingkan kehidupanmu dengan kehidupan orang lain. Menganggap orang lebih bahagia atau kenapa hidup kita begitu nestapa. Kita tidak pernah tahu apa yang telah mereka lalui dan perjuangkan untuk mencapai kehidupan mereka yang sekarang. Karena itu, bersyukurlah dengan kehidupanmu yang sekarang.
Tere Liye, novel "Rembulan tenggelam di wajahmu"

 Hatiku sedang rindu, maka aku salah bicara melulu, juga lupa meletakkan barang di manalah, pun kadang tidak tahu, entahkah, ini tadi saya mau melakukan apa?
Tere Liye, "Cinta dari Pohon Linden"

 “Kau tahu, hakikat cinta adalah melepaskan. Semakin sejati ia, semakin tulus kau melepaskannya. Percayalah, jika memang itu cinta sejati kau, tidak peduli aral melintang, ia akan kembali sendiri padamu. Banyak sekali pecinta di dunia ini yang melupakan kebijaksanaan sesederhana itu.Malah sebaliknya, berbual bilang cinta, namun dia menggenggamnya erat-erat.”
Tere Liye, novel 'Eliana'

 “Barang hilang, sungguh aneh perilakunya.Semakin dicari semkin tidak ketemu. Saat dilupakan, diikhlaskan, malah muncul sendiri di depan mata.”

Nah, boleh jadi sama kasusnya dengan urusan perasaan. Dipaksa2, dikejar2, malah tidak dapat.Ketika diikhlaskan, dilepaskan, besok lusa malah kembali dengan sendirinya dan penuh cintanya.
Tere Liye, separuh quote dari novel "Eliana".


 “Apalah namanya ini?Disebut apakah perasaan ini?Kenapa hatiku macam sayuran lupa dikasih garam, hambar, tidak enak, tidak nyaman?Atau seperti ada tumpukan batu besar di dalamnya, bertumpuk-tumpuk, membuat sempit.Atau seperti ikan diambil tulangnya, kehilangan semangat.”
Tere Liye, novel "Kau, Aku & Sepucuk Angpau Merah"


 “Selamat pagi, bagiku waktu selalu pagi. Diantara potongan dua puluh empat jam sehari, bagiku pagi adalah waktu paling indah. Ketika janji-janji baru muncul seiring embun menggelayut di ujung dedaunan.Ketika harapan-harapan baru merekah bersama kabut yang mengambang di persawahan hingga nun jauh di kaki pegunungan.Pagi, berarti satu hari yang melelahkan telah terlampaui lagi. Pagi, berarti satu malam dengan mimpi-mimpi yang menyesakkan terlewati lagi ; malam-malam panjang, gerakan tubuh resah, kerinduan, dan helaan napas tertahan.”
Tere Liye, novel "Sunset Bersama Rosie"

 'Pintu hati' itu tidak seperti pintu bendungan, yang kapanpun aman dibuka tutup, tidak merembes. Dalam urusan perasaan, sekali pintu hati dibiarkan terbuka, maka susah payah menutupnya kembali, tetap merembes, bahkan lubang bocornya jebol dimana2, membahayakan seluruh bendungan.

Maka, jika kita belum siap, belum niat serius, maka jangan suka membuka tutup pintu hati.Dan tentu saja, jangan mau digombalin oleh orang yg terbiasa sekali membuka tutup pintu hatinya.Lah, pintu bendungan dunia nyata saja hanya dalam kondisi tertentu dibuka tutup.

 Bolehkah menyatakan kerinduan?Perasaan kepada seseorang?

Tentu saja boleh. Tapi jika kita belum siap untuk mengikatkan diri dalam hubungan yang serius, ikatan yang bahkan oleh negara pun diakui dan dilindungi, maka sampaikanlah perasaan itu pada angin saat menerpa wajah, pada tetes air hujan saat menatap keluar jendela, pada butir nasi saat menatap piring, pada cicak di langit-langit kamar saat sendirian dan tak tahan lagi hingga boleh jadi menangis.

Dan jangan lupa, sampaikanlah perasaan itu pada yang maha menyayangi.Semoga semua kehormatan perasaan kita dibalas dengan sesuatu yang lebih baik.

 “Orang-orang yang jatuh cinta terkadang terbelenggu oleh ilusi yang diciptakan oleh dirinya sendiri.Ia tak kuasa lagi membedakan mana yang benar-benar nyata, mana yang hasil kreasi hatinya yang sedang memendam rindu. Kejadian-kejadian kecil, cukup sudah untuk membuatnya senang.Merasa seolah-olah itu kabar baik. Padahal saat itu ia tahu kalau itu hanya bualan perasaannya, maka saat itulah hatinya akan hancur berkeping-keping. Patah hati!”
Buku 'Berjuta Rasanya', tere liye

 “Kau tahu apa yang bisa dengan segera membuat tampang kusutmu mencair seperi mentega lumer di penggorengan, sebal di hati pergi seperti kotoran disapu air? Sederhana.Kau rubah-rubah sikit saja hati kau.Sedikit saja, dari rasa dipaksa menjadi sukarela, dari rasa terhina menjadi dibutuhkan, dari rasa disuruh-suruh menjadi penerimaan.Seketika, wajah kau tak kusut lagi.”
Tere Liye, novel "Kau, Aku & Sepucuk Angpau Merah"

 Tidak ada yang bisa dilupakan, termasuk sekalipun kita memang tidak ingat lagi.Karena boleh jadi, di sisi2 lain, hal tersebut tetap diingat hingga kapanpun.

Jika kita tidak bisa memahaminya dari sisi yang tidak ingat lagi, maka cobalah dari sisi yang hingga kapanpun tetap mengingatnya.Dengan demikian, semoga kita selalu bisa menghormati perasaan-perasaan yang sempat bersinggungan dengan hidup kita.

Rasa sakit di hati itu hanya ibarat kabut di pagi hari.
Tunggulah matahari tiba, maka dia akan hilang bersama siraman lembut cahayanya.
Rasa sakit di hati itu hanyalah ibarat kabut pagi.
Tidak pernah mengubah hakikat indahnya pagi. Bahkan bagi yang senantiasa bersyukur, dia akan menari (meski sambil menangis) di tengah kabut. Dan itu sungguh tarian indah. Tarian penerimaan
:)

Terima kasih yang udah stalk blognya sampe bawah.
Satu kata motivasi lagi nih tapi ini karya gue hehe, walaupun ya ngga bagus-bagus amat seengganya kaga copas lahya:v
Hiasi harimu dengan kebahagiaan bersama orang-orang yang kita sayangi.
Tersenyum dan tertawalah apapun keadannya.
Sekian  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar