About

Jumat, 17 Maret 2017

Fakta unik UNBK



Beberapa Fakta dan Tips Menarik Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016
Image result for gambar unbk

Ujian Nasional Berbasis Komputer atau Computer Base Test yang biasa disingkat dengan UNBK/CBT adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.
SMA Tunas Bangsa menjadi satu-satunya sekolah yang menerapkan UNBK di Kabupaten Kubu Raya, sedangkan untuk SMP sekolah Tunas Bangsa juga menjadi yang satu-satunya di Kalimantan Barat. Awalnya saya sempat terkejut karena harus menggunakan LAB kami untuk ujian nasional pada bulan April, sedangkan kami baru diberi tahu pada bulan Maret. Karena guru ICT hanya ada dua, maka saya dan rekan saya langsung ditunjuk sebagai teknisi dan proktor, ditambah lagi tidak ada sekolah lain di Kubu Raya yang mengadakan UNBK maka untuk pelatihan pelaksanaan ujian tersebut langsung di Jakarta.
Setelah pelaksanaan UNBK di empat hari pertama yang telah diselenggarakan, terdapat beberapa fakta yang menurut saya menarik. Yuk simak!
Berikut Fakta menarik Ujian Nasional Berbasis Komputer
1. Siswa Mengerjakan Soal Ujian Lebih Cepat Selesai
Fakta ini seakan terabaikan oleh para siswa dan orang tua. Bahwa dengan menggunakan sistem yang ada pada UNBK siswa tidak perlu khawatir akan kesalahan dalam pengisian biodata yang wajib diisi pada LJK. Biasanya mengerjakan sistem manual di LJK bisa memakan waktu sampai 5 menit atau lebih, belum lagi resiko salah isi, akan membuat siswa tidak lulus karena nilainya tidak ada yang punya.
Sementara pada UNBK kamu cukup memasukkan Username dan Password di komputer tempat UNBK maka kamu pun sudah bisa langsung menjawab dengan tenang.
2. Gak Perlu Takut kalau Gaptek
Buat kamu yang kurang terlalu lihai atau mahir dalam menggunakan komputer tidak perlu khawatir karena siswa akan kesulitan. Pasalnya siswa akan dipandu oleh orang-orang profesional di bidangnya seperti Proktor dan Teknisi. Dipastikan tak akan menyulitkan siswa dalam mengerjakan meskipun bukan orang yang mahir menggunakan komputer.
3. Nilai Kejujuran dalam Mengerjakan Soal
Kejujuran merupakan hal yang pasti akan siswa dapatkan ketika menggunakan sistem UNBK ini. Pasalnya resiko terjadi kecurangan atau manipulasi data, kebocoran soal dan lain sebagainya akan semakin tipis. Baik itu siswa maupun orang tua jangan takut untuk menggunakan sistem UNBK ini, pasalnya ini merupakan langkah untuk membuat peserta ujian bisa jujur dan serius dalam belajar. Sekarang jujur atau mau tidak jujur silahkan tentukan yang baik yang mana.
4. Siswa Tidak Takut Tidak Lulus
Mulai tahun kemaren yakni 2015, kelulusan sepenuhnya akan ada di tangan pihak sekolah. Sementara nilai UN ini berapapun tidak lagi menjadi faktor penentu kelulusan, hanya saja nilai yang tinggi akan membuat kamu mudah untuk melanjutkan ke jenjang yang berikutnya.
UNBK 2016 Sekolah Tunas Bangsa
Selain saya bahas fakta menarik dari UNBK ini, saya juga akan memberikan beberapa TIPS menarik tentang UNBK untuk siswa yang melaksanakan UNBK selanjutnya.
Beberapa Tips Menghadapi UN Berbasis Komputer
1. Lakukan Aktivitas seperti Biasa
Selama ujian jangan terlalu tegang, lakukanlah hal yang telah biasa kamu lakukan. Sebut saja mandi, sarapan dan aktivitas lainnya. Ingat saat menjawab soal UN 2016 kamu perlu tenaga yang ekstra. Oleh sebab itu, jika memang kamu terbiasa sarapan jangan mencoba untuk tidak sarapan dan sempatkan sarapan karena bahaya jika ketika kamu menjawab soal ujian jadi sakit perut karena tidak sarapan. Saat ujian sedang berlangsung siswa tidak diijinkan untuk keluar ruangan. Jaga kesehatan juga penting, karena didalam ruangan LAB semua komputer dinyalakan bersamaan, maka AC/Pendingin harus selalu dinyalakan juga, otomatis ruangan akan terasa lebih dingin.
2. Pakai Kaca Mata dan Jangan Ngitung di Monitornya
Karena berbasis komputer dan soal dilihat di layar monitor komputer, tidak dipungkiri lagi kalau kamu akan lebih sering terkena dampak radiasi komputer. Pakailah kaca mata yang cocok buat kamu, jangan gunakan kaca mata renang atau kaca mata hitam, kamu sedang ujian nasional bukan mau jalan-jalan atau berenang.Kalau kamu biasa menghitung dikertas pertanyaan, nah jangan lalukan ini saat UNBK karena soal ujian ada di layar monitor jadi layar monitornya jangan dicoret-coret. Kalau mau ngitung, hitung lah dikertas buram atau kertas yang disediakan oleh panitia Ujian Nasional.
3. The Power tombol “F5” di Keyboard
Hal yang sering terjadi ketika ujian nasional berbasis komputer ini adalah terjadi “ngelag” atau aplikasi ujian nasionalnya tidak bisa diklik tenang jangan panik. Nah, itu bukanlah masalah yang besar kamu dapat menekan tombol “F5” yang ada di Keyboard Komputer kamu, maka semua akan berjalan lancar seperti biasa.
4. Berdoalah sebelum Ujian Nasional Berlangsung
Selain mempersiapkan fisik kamu juga perlu untuk melakukan ritual spiritual. Doa merupakan hal yang mujarab untuk bisa membuat kamu siap dalam menghadapi sesuatu. Jadi berdoa lah.
Demikianlah, beberapa fakta dan tips menarik dari sitimustiani.com semoga bermanfaat. Salam nge-Blog!
Be Sociable, Share!


Ujian Nasional (UN) pada 2017 menurut Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Balai Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Nizam akan memiliki konsep baru. Jadwal UN bagi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tidak diselenggarakan dalam waktu bersamaan.
Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Balai Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud Nizam memaparkan, bahwa nantinya UN 2017 bagi SMA dan SMK akan dijadwalkan berlangsung selama sepuluh hari. Untuk UN Berbasis Komputer (UNBK) dan UN (Ujian Nasional) Berbasis Kertas selama enam hari diperuntukkan bagi siswa SMA, sedangkan empat hari berikutnya untuk siswa SMK.
Namun ada pemberlakuan jadwal UN serentak untuk UNBK dan UN Berbasis Kertas, selain untuk meminimalisir kecurangan seperti yang terjadi pada UN 2016 [siswa UN Berbasis Kertas mengetahui soal UNBK], juga untuk memberikan keadilan kepada sekolah yang diperkirakan akan semakin banyak menggunakan sistem UNBK.
Sementara itu, untuk UNBK Sekolah Menengah Pertama (SMP), bisa dilakukan oleh sekolah, tanpa harus membeli komputer atau melengkapi infrastruktur UNBK yang baru, melainkan bisa menggunakan milik SMA atau SMK pengguna sistem UNBK dengan sistem pinjam. Semua konsep ini juga akan dilengkapi dengan penguatan pusat pengujian atau testing center yang berbasis sekolah atau madrasah.
Sementara itu pihak Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kemdikbud telah menyampaikan Pemberitahuan mengenai Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun 2016/2017, pada hari Senin, 25 Juli 2016. Kebijakan tersebut dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer tahun pelajaran 2016/2017, Direktorat Pembinaan SMK bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi akan melaksanakan verifikasi SMK calon penyelenggara UNBK di wilayah binaan kita masing-masing.
Untuk melengkapi Pemberitahuan mengenai Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun 2016/2017.
Semoga Informasi Ujian Nasional tahun pelajaran 2016/2017 yang kami sampaikan dapat membantu para siswa dan guru dalam menghadapi Ujian Nasional tahun 2017. Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!
Sumber: Kemdikbud


Tidak ada komentar:

Posting Komentar